Bau Nyale (Tangkap Nyale) - AL QOLAM - KMNTB MEDIA
Headlines News :
Home » » Bau Nyale (Tangkap Nyale)

Bau Nyale (Tangkap Nyale)

Written By Unknown on Thursday, September 19, 2013 | 7:31 AM

Bau Nyale (Tangkap Nyale)

Kaabupaten Lombok Tengah adalah salah satu daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Di daerah ini terdapat sebuah kawasan wisata pantai yang sangat menarik dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kawasan tersebut adalah Pantai Seger Kuta, terletak di bagian Selatan pulau Lombok, kira-kira 65 kilometer dari kota Mataram.

cacing dari pantai kutaSelain keindahan alamnya, Pantai Seger Kuta juga memiliki daya tarik lain yang tidak kalah eksotisnya bagi para wisatawan. Setiap setahun sekali, yaitu antara bulan Februari dan Maret, di tempat ini diselenggarakan sebuah pesta atau upacara yang dikenal dengan Bau Nyale.

Tradisi upacara Bau Nyale yang diwariskan secara turun-temurun oleh suku Sasak sebelum abad ke-16 Masehi.

cacing cari di kuta lombokKata BAU berasal dari bahasa Sasak yang berarti menangkap, sedangkan kata NYALE adalah sejenis Cacing Laut (anelida polycaetae) yang berkembang biak dengan bertelur, yang hidup di lubang-lubang batu karang di bawah permukaan laut, berkelamin antara jantan dan betina. Binatang ini hanya muncul sekali dalam setahun di pantai selatan Pulau Lombok yang kemudian diperingati dengan upacara Bau Nyale.

Pantai Aan yang menjadi salah satu pusat Pesta Bau Nyale.

pantai kuta orang mencari cacingTradisi ini diawali oleh kisah seorang Putri Raja Tonjang Baru yang sangat cantik yang dipanggil dengan Putri Mandalika. Karena kecantikannya itu para Putra Raja memperebutkan untuk meminangnya.

Jika Putri Mandalika menolak pinangan salah satu putra raja akan menimbulkan peperangan. Sang putri mengambil keputusan pada tanggal 20 bulan kesepuluh untuk menceburkan diri ke laut lepas. Dipercaya oleh masyarakat hingga kini bahwa Nyale adalah jelmaan dari Putri Mandalika.

Upacara Bau Nyale selalu dirangkaikan dengan berbagai kesenian tradisional seperti Betandak (berbalas pantun), Bejambik (pemberian cendera mata kepada kekasih), serta Belancaran (pesiar dengan perahu), dan tidak ketinggalan pula pementasan drama kolosal Putri Mandalika.

pantai di kuta cari cacingBagi masyarakat Sasak, Nyale dipergunakan untuk bermacam-macam keperluan seperti: santapan (Emping Nyale), ditaburkan ke sawah untuk kesuburan padi, lauk pauk, obat kuat dan lainnya yang bersifat magis sesuai dengan keyakinan masing-masing.




Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AL QOLAM - KMNTB MEDIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger